Selasa, 14 Juni 2016

media pembelajaran



Kardus bekas yang dikreasi dengan gambar dari koran dan majalah bekas yang berisi tokoh cerita, membuat siswa asyik bercerita tentang tokoh idolanya. Media pembelajaran ini digunakan untuk mencapai kompetensi dasar bercerita dengan alat peraga.
Nama Sekolah             :           SMP Negeri 1 Kebonagung
Mata Pelajaran            :           Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            :           VII / 1
Alokasi Waktu            :           4  x 40 menit
1. Standar Kompetensi
Berbicara
2. Kompetensi Dasar
5.2. Bercerita dengan Alat Peraga.
3. Indikator
1. Bercerita berdasarkan alat peraga.
2. Menceritakan tokoh berdasarkan alat peraga.
4. Tujuan pembuatan media
1. Memudahkan siswa menentukan pokok-pokok cerita.
2. Memudahkan siswa merangkai pokok-pokok cerita menjadi urutan cerita yang menarik.
3. Memberikan ilustrasi dalam bercerita.
4. Membantu siswa berinteraksi dengan teman lain.
5. Membuat suasana belajar lebih menyenangkan.
5. Alat dan Bahan
1. Kardus bekas.
2. Kertas folio atau buffalo.
3. Pensil warna.
4. Lem kertas.
5. Gambar-gambar dari koran atau majalah bekas yang berisi tokoh cerita.
6.Prosedur Pembuatan
1. Menyiapkan alat dan bahan.
2. Menggunting enam  bagian gambar cerita yang sesuai dengan tokoh cerita.
3. Menempel gambar yang telah digunting pada kardus bekas atau kertas tebal   yang lain.
4. Menggunting kardus sesuai dengan pola bagian cerita yang ditempel.
5. Gambar cerita bisa dibuat sendiri oleh guru dengan menggambar pada kertas folio dan mewarnai dengan pensil warna.
6. Kardus bergambar siap dimainkan.
7.Biaya
Swadaya (biaya sendiri)
8. Prosedur  penerapkan media
1. Mengeset media (satu cerita : satu set enam gambar  cerita).
2. Menunjukkan media kepada siswa.
3. Menyampaikan aturan main penggunaan media.
4. Membentuk kelompok siswa menjadi enam dengan menggunakan Kartu Buah.
5. Setiap kelompok menerima satu set media.
6. Setiap kelompok mendiskusikan urutan potongan Kardus Bergambar dan memberi nomor pada masing-masing potongan Kardus Bergambar.
7. Masing-masing siswa mengamati kardus bergambar yang diterima untuk diceritakan  secara bergiliran sesuai urutan nomor gambar. Dengan cara undian masing-masing kelompok bercerita dengan menggunakan
 kardus Bergambar.
8. Menyimpulkan proses pembelajaran.
http://wapikweb.org/kb/admin/media_store/2/AA-01035/bergiliran.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar